Delegasi Amerika melihat langsung armada Kapal Patroli Pangkalan PLP Tanjung Perak di Dermaga Mirah Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya (IN/PHOTO: RUDIERG)

SURABAYA, iNFONews.ID - Kiprah Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Republik Indonesia semakin moncer dan menjadi perhatian internasional, termasuk keberadaan KPLP Kelas II Tanjung Perak, Surabaya yang menerima Kunjungan dari tiga Delegasi Amerika Serikat. Mereka yang datang dari Negeri Paman Syam itu terdiri atas perwakilan dari Defense Institute of International Legal Studies (DIILS), US. Coast Guard dan US. Navy Retired.

Ini sebagai bentuk perkuat kerjasama sektor kemaritiman yang didampingi juga perwakilan para peserta Legal Maritime Security Capacity Building Engangement yang terdiri dari berbagai instansi di antaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Mabes TNI, TNI AL, Polairud, Bea Cukai, dan Bakamla di Surabaya, Jumat (28/6/2024).

Prosesi kunjungan digelar di atas Kapal Negara Patroli KN. Chundamani P.116 yang sandar di Terminal Mirah Tanjung Perak, Surabaya. Mereka disambut oleh Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak yang diwakili oleh Koordinator Tata Usaha Captain Rusmanu dan Komandan Patroli KN. Chundamani P.116 Capt. Subairi beserta ABK dan jajaran anggota Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak.

"Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama dalam bidang kemaritiman terutama tentang keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim," kata
Captain Rusmanu.

Captain Rusmanu menambahkan, bahwa hal itu merupakan bentuk komitmen meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di wilayah perairan Indonesia.

"Juga sebagai langkah mempererat kerjasama di bidang kemaritiman serta untuk bertukar informasi antara pihak Amerika dan para instansi penegakan hukum di bidang maritim di Indonesia,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan adanya kunjungan ini ke depan hubungan kerjasama antara Amerika dengan Indonesia terutama Kementerian Perhubungan dan Personil KPLP dapat terjalin dengan baik dan saling bertukar informasi dan peningkatan SDM sesuai dengan kompetensi khususnya dalam hal menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan maritim di wilayah perairan Indonesia.

Kunjungan ini untuk yang kesekian kalinya setelah beberapa waktu lalu juga telah dilaksanakan kunjungan antara US. Coast Guard dengan Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak.

Di kesempatan itu, diperkenalkan juga profil Pangkalan PLP Tanjung Perak serta tugas pokok dan fungsi Pangkalan PLP sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 119 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai dan Kewenangan Penjagaan Laut dan Pantai sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan komandan kapal patroli KN. Chundamani P.116 beserta personel Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak.

Tampak hadir dalam kunjungan itu, ada Delegasi DIILS diwakili oleh Miss Jamie Jones, US. Coast Guard yang diwakili oleh CDR. Steve Oliver dan perwakilan dari US. Navy Retired diwakili oleh Mr. Shane Cooper dan para peserta Legal Maritime Security Capacity Building Engagement. (inf/rls/tji)

 

 

Editor : Tudji Martudji

Berita Terbaru