Siswa-siswi Santo Arnoldus Pagesangan Surabaya mengunjungi Rumah Pintar Juanda Cendekia dan Musium Penerbangan TNI AL di Sedati Juanda, Selasa (26/03/2024). INPhoto/Lilik Isharyono

SIDOARJO, iNFONews.ID - Belajar di luar ruangan membawa keceriaan dan kesan seru untuk para siswa dan siswi Santo Arnoldus Pagesangan Surabaya. Rombongan sekolah tersebut mengunjungi Rumah Pintar Juanda Cendekia dan Musium Penerbangan TNI AL di Sedati Juanda, Selasa (26/03/2024).

Dilokasi tersebut anak anak dikenalkan tentang wawasan kebangsaan dan memperkenalkan lebih dekat  akan profesi Penerbangan TNI AL kepada anak anak dan Musium Penerbangan TNI AL.

Dengan menggunakan pakaian profesi pilot dan pramugari semakin membuat anak-anak lebih memahami akan profesi tersebut.

Dengan jumlah 45 siswa dan siswi didampingi 6 guru anak anak mengunjungi Rumah pintar.  Setiba anak anak di rumah pintar langsung disambut crew rumah pintar dan di ajak keliling dengan memperkanlkan fasilitas yang ada didalam rumah pintar yaitu menonton film sejarah penerbangan TNI Angkatan Laut, perpustakaan, mewarnai pesawat dan memperkenalakan hasil karya kerajinan anak anak binaan rumah pintar juanda cendekia.

Untuk di luar ruangan mereka di ajak bermain Flying Fox, permainan tradisional, sentra pertanian, peternakan kelinci, marmut, memberi makan burung merpati dan memperkenalkan macam macam burung nusantara. Setelah puas berkegiatan di Rumah pintar dilanjutkan dengan mengunjungi Musium Penerbangan TNI AL.

Perjalanan menuju museum penerbangan TNI AL mereka diperkenalkan dengan monumen pesawat dan gedung gedung di sekitar Pusat Penerbangan TNI AL (PUSPENERBAL).

Rombongan sekolah TK Santo Arnoldus tiba di musium mereka langsung disambut crew musium penerbangan TNI AL dan diperkenalkan gedung yang sangat bersejarah di dunia penerbangan TNI AL ,dimana gedung musium dulunya adalah kantor tower Air Traffic Control (ATC) yaitu bagian pelayanan pengendali arus lalu lintas udara.

Anak-anak di ajak langsung melihat pesawat boing di belakang gedung musium, mereka langsung histeris dan heboh lari ingin mendekati dan pegang pesawat,  tetapi dengan sigap crew mengatasi hal tersebut dengan mengajak mereka bernyanyi dan tetap berbaris rapi menuju pesawat boing.

Disitu mereka diberi wawasan tentang pembuatan pesawat, berapa isi penumpang dan siapa saja yang bertugas di dalam pesawat.

Tak lupa mereka di ajak pula memasuki ruang pesawat mereka bisa merasakan bagaimana rasanya naik pesawat, duduk di kursi penumpang dan mencoba menjadi seorang pilot dan co pilot di ruangan cokpit.

Setelah puas berfoto dengan pesawat, bermain dan menikmati suasana di dalam pesawat mereka di ajak memasuki ruangan musium.

Di dalam musium mereka seolah memasuki dunia baru yang mereka belum mengenal sebelumnya dengan tetap rapid an berbaris mereka mendengarkan arahan dan penjelasan dr crew musium tentang penerbangan TNI AL.

Mereka dikenalkan dengan sejarah peresmian penerbangan TNI AL, pesawat yang di miliki, bagian bagian mesin pesawat, rudal pesawat, hingga komandan komandan yang menjabat di Puspenerbal dari mulai awal hingga saat ini.

Di terakhir kunjungan mereka di ajak memasuki ruangan bioskop untuk melihat kegiatan awal persiapan para crew dan pilot sebelum memulai penerbangan, hingga tugas tugas apa saja yang sudah di emban para rajawali laut penerbangan TNI AL dalam menjaga wilayah laut Indonesia.

Dengan berakhir pemutaran film pendek maka berkahir pula kunjungan yang dilaksanakan sekolah TK Santo Arnoldus di Rumah Pintar Juanda cendekia, rombongan kembali ke sekolah dengan ilmu dan pengalaman baru bagi mereka yang akan bisa membangun dan mengembangkan lagi cita-cita mereka untuk menjadi bagian dari penjaga Nusantara melalui TNI AL.

Laporan : Lilik Isharyono

  

Editor : Alim

Berita Terbaru