Pulau Christmas atau Pulau Natal merupakan salah satu pulau terluar negara Australia. IN/PHOTO : Dok. Pulau Natal

SURABAYA, iNFONews.ID - Pulau Christmas atau Pulau Natal merupakan salah satu pulau terluar negara Australia yang letaknya justru dekat dengan Pulau Jawa, namun tidak masuk dalam wilayah Indonesia.

Pulau Natal terletak di Samudra Hindia, berada sekitar 360 kilometer selatan Pulau jawa dan berjarak 1.550 kilometer dari dataran Australia. Pulau Natal ditemukan oleh Kapten William Mynors dari kapal Royal Mary milik English East India Company saat Hari Raya Natal pada 1643.

Dulunya, pulau ini dijadikan pangkalan militer tentara sekutu Inggris untuk melawan pasukan Jepang masa perang dunia I dan II. Pada awalnya, Pulau Natall tak berpenghuni. Seiring berjalannya waktu, beberapa penduduk mulai dimigrasikan ke pulau tersebut. Mayoritas penduduk Pulau Natal adalah orang Melayu dan etnis Tionghoa.

Di pulau ini menjadi destinasi liburan favorit dengan suguhan pemandangan alamnya terutama keindahan pantai. Salah satunya pantai di Flying Fish Cove menjadi andalan pariwisata Christmas Island, dengan pasir putih, air biru, dan suhu air hangat sepanjang tahun cocok untuk snorkeling di atas taman karang.

Pulau Natal juga menjadi tempat migrasi kepiting merah terbesar di dunia. Setiap akhir November hingga Desember, sekitar 4-50 juta kepiting merah akan melakukan migrasi ke pulau ini.

Saat fenomena tersebut terjadi, pulau ini akan dipenuhi oleh kepiting merah yang berlalu lalang di berbagai wilayah dan jalanan di Pulau Natal.

 

Reporter : Patrik Cahyo Lumintu

 

Editor : Alim

Berita Terbaru