Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia, Steffano Ridwan, memperkenalkan solusi Maybank ‘Shariah Wealth Management’ MySWM kepada masyarakat di Surabaya dan Jawa Timur. INPhoto/Alim

SURABAYA, iNFONews.ID - Maybank Indonesia melalui Unit Usaha Syariah (UUS) gencar mengenalkan solusi Management MySWM yang sudah diluncurkan pada September 2023 di Jakarta.

Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia, Steffano Ridwan, mengatakan solusi Maybank ‘Shariah Wealth Management’ MySWM ini menawarkan pengelolaan kekayaan melalui pendekatan holistik, mengiringi fase kehidupan nasabah dengan menjembatani aspek pengembangan aset dengan aspek spiritual sejalan dengan prinsip syariah.

“Maybank ‘Shariah Wealth Management’ MySWM merupakan solusi keuangan pertama yang diluncurkan oleh Maybank Indonesia melalui Unit Usaha Syariah-nya dan merupakan solusi unggulan yang mendiferensiasikan Maybank Indonesia dengan pesaing di pasar,” ujarnya di Surabaya, Selasa (05/3/2024) malam.

Kata dia, penyediaan solusi ini selaras dengan aspirasi Maybank Group melalui strategi M25+ dalam membangun kepemimpinan di sektor perbankan syariah di dunia.

Steffano bilang, solusi Maybank ‘Shariah Wealth Management’ MySWM juga merupakan wujud sumbangsih Maybank Indonesia dalam mendukung roadmap pengembangan perbankan syariah Indonesia 2022-2025 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yakni mewujudkan sektor perbankan syariah yang resilient serta memiliki daya saing tinggi di Tanah Air.

Direktur CFS Maybank Indonesia, Steffano Ridwan (tengah), Head Shariah Banking Maybank Indonesia, Romy Buchari (kiri) dan Regional Director Maybank Indonesia untuk wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Indrajani. INPhoto/AlimDirektur CFS Maybank Indonesia, Steffano Ridwan (tengah), Head Shariah Banking Maybank Indonesia, Romy Buchari (kiri) dan Regional Director Maybank Indonesia untuk wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Indrajani. INPhoto/Alim

 

Sementara, Head Shariah Banking Maybank Indonesia, Romy Buchari menjelaskan bahwa UUS Maybank Indonesia telah menjalankan strategi ‘Shariah First’ sejak 2013. Hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan penetrasi pasar terhadap solusi syariah Maybank Indonesia dengan pendekatan customer centric.

Ia melanjutkan, bahwa solusi pengelolaan kekayaan Maybank ‘Shariah Wealth Management’ MySWM ini dikemas melalui pendekatan yang berpusat pada hal-hal yang menjadi perhatian serta kebutuhan nasabah, sehingga solusi ini dapat berfungsi secara tepat guna dalam mendukung perencanaan keuangan masa depan nasabah.

"Selain itu, inti daripada solusi Maybank ‘Shariah Wealth Management’ MySWM ialah memberikan rasa tenang oleh karena prinsip syariah dari segi pengelolaan dan optimal dari segi manfaat,” tegas Romy.

Maybank ‘Shariah Wealth Management’ MySWM mengusung 5 (lima) pilar pengelolaan kekayaan atau lima jalan menuju kebaikan.

Pertama, wealth creation, sebagai pilar perencanaan keuangan untuk kebutuhan keluarga. Kedua, wealth accumulation, mengoptimalkan investasi berdasarkan prinsip syariah.

Ketiga, wealth preservation, menyediakan perlindungan terhadap nasabah dan aset dari risiko. Ke-empat, wealth purification, membantu nasabah menyisihkan kekayaan untuk dibagikan kepada yang membutuhkan, dan kelima, wealth distribution, yakni pilar untuk mempersiapkan urusan waris.

Di setiap pilar, UUS Maybank Indonesia menawarkan berbagai produk yang sesuai dengan tahapan hidup nasabah.

Pada tahap wealth creation, UUS Maybank Indonesia menyediakan produk current account and saving account (CASA) seperti My Plan iB, Maksi iB, Pro iB, My Arafah, TD iB, dan Mortgage iB. Untuk tahap wealth accumulation tersedia beragam produk Shariah Mutual fund, Sukuk, rekening RDN iB.

Tahap berikutnya, wealth preservation, menawarkan produk Bancassurance iB My Protection Bijak II, sedangkan untuk tahap wealth purification, UUS Maybank Indonesia menyediakan produk Solusi Zakat, Infak Sedekah dan Proteksi dengan fitur wakaf.

Pada tahap akhir, wealth distribution, tersedia solusi yang akan memfasilitasi nasabah dalam mempersiapkan Wasiat untuk ahli-waris dan penerima lainnya. Ada pun pilar terakhir yaitu, wealth purification dan wealth distribution merupakan key differentiator Maybank ‘Shariah Wealth Management’.

Untuk memperkuat penetrasi pasar dan upaya memperkenalkan solusi Maybank ‘Shariah Wealth Management’ MySWM lebih jauh, Maybank Indonesia juga telah membekali sales force dan front liner untuk memberikan pengarahan dan advis kepada nasabah terhadap solusi MySWM tersebut.

Romy menambahkan, bagi nasabah yang berminat merancang perencanaan keuangan yang menyeluruh dapat mengakses solusi Maybank ‘Shariah Wealth Management’ MySWM di seluruh jaringan kantor cabang Maybank Indonesia, baik kantor cabang Syariah maupun Konvensional di Indonesia.

"Upaya ini merupakan wujud komitmen kami dalam mendukung strategi ‘Shariah First’ yakni dengan mengutamakan penawaran solusi berbasis syariah kepada nasabah,” lanjut Romy.

Hadirnya solusi Maybank ‘Shariah Wealth Management’ MySWM di Surabaya diharapkan dapat memberikan jawaban atas kebutuhan nasabah dalam merencanakan dan mengembangkan kekayaan, demi masa depan yang lebih baik bagi nasabah maupun generasi penerusnya serta komunitas sekitar.

Sebagai informaso, Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank.

Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui solusi Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat.

Maybank Indonesia juga terus mengembangkan solusi dan kapasitas Digital Banking melalui M2U App, M2U (App dan Web), M2E untuk nasabah korporasi dan berbagai saluran lainnya.

Per Desember 2023, Maybank Indonesia memiliki 337 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia dan satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 22 KCP Mobile dan 765 ATM (termasuk 26 Cash Recycle Machines/CRM) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp115,50 triliun dan memiliki total aset senilai Rp171,80 triliun pada Desember 2023.

 

 

Editor : Alim

Berita Terbaru