Milan Fashion Week 2024 dengan menampilkan koleksi Fall/Winter 2024. INPhoto/Instagram @avavav

MILAN, iNFONews.ID – Dalam rangka mempresentasikan koleksi AW24, Fashion Brand @avavav mengambil jalur yang cukup berbeda dengan konsep seperti biasanya. Ada banyak cara untuk membuat peragaan busana mencuri perhatian. Tak pernah kehabisan akal, itulah yang ditunjukkan brand basis Swedia, AVAVAV.

Pada peragaan Milan Fashion Week 2024, di mana mereka menampilkan koleksi Fall/Winter 2024, catwalk yang awalnya bersih semakin lama dipenuhi oleh sampah seiring peragaan berlangsung. Peragaan busana yang diperankan oleh beberapa model untuk memperkenalkan Eastpak x Avavav dalam pelucuran musim semi.

Saat masuk ke dalam venue, para tamu diberikan sarung tangan plastik bermerek dan ember berisi sampah untuk dilemparkan pada model yang sedang catwalk.

Menurut Creative Director, Beate Karlsson, ia mengambil inspirasi dari tautan negatif di sosial media tentang brand-nya yang dibilang “sampah”.

Seiring model berjalan pada Milan Fashion Week, tampil model yang melakukan catwalk dan para tamu undangan melempari sampah diantaranya sampah plastik, kotoran, batu, cairan berwarna-warni, hingga kaleng botol, pada layar sebagai latar menampilkan komentar-komentar negatif yang pernah diterima AVAVA.

Tentu sampah-sampah tersebut merupakan metafora dari komentar negatif yang diterima di media sosial. Pertunjukan ini merupakan eksperimen di mana kebrutalan verbal ini diterjemahkan ke dalam ruang fisik, dan menunjukkan bahwa itu belum tentu merupakan cerminan dari kenyataan.

Para model bertindak sebagai simbol harga diri, menjaga wajah lurus saat dibuang. Hampir setiap peragaan busana AVAVAV digelar, sorotan tidak hanya pada koleksi itu sendiri, tapi konsep yang diusung.

Keunikan mereka viral di media sosial sehingga menyita perhatian publik pun tidak terbendung, komentar kebencian dan troll internet telah menjadi bagian dari budaya modern.

Salah satunya pengguna media sosial mengomentari Milan Fashion Week 2024. “Merek ini hanya lelucon,” Aku benci kamu” dan apakah ini seharusnya bagus?,” adalah komentar sehari-hari di akun media sosial AVAVAV.

Dilansir dari Hypebeast, Karlsson menyukasi koleksinya yang terdiri dari sheer dress, kemeja berkerah lebar menyatu sebagai hood, dan alas kaki signature mereka yaitu four-toes boots yang lebih spesial hasil kolaborasi dengan Eastpak.

Konsep peragaan busana yang out of the box, koleksi AVAVAV Fall/Winter 2023 juga menarik untuk disimak. Sebanyak 26 looks ditampilkan, masing-masing mempunyai nuansa streetwear yang berbeda. Fashion dengan potongan oversized dan cutout tampak mendominasi koleksi.

Reporter : Patrick Cahyo Lumintu

Editor : Alim

Berita Terbaru