Alicia Framis dan Ailex. INPhoto/Instagram @hybrid Couples

SURABAYA, iNFONews.ID - Seorang seniman asal Spanyol, Alicia Framis, telah membuat keputusan yang mengejutkan. Ia merupakan perempuan pertama di dunia yang menikah dengan AI Hologram.

Pasangannya, yang disebut Ailex, adalah hologram interaktif yang dibuat berdasarkan profil mantan pasangan Alicia sebagai sebuah karya seni.

Ini bukanlah kali pertama Alicia menjalin hubungan dengan sesuatu yang tidak nyata. Sebelumnya ia pernah tinggal bersama manekin yang diberi nama Pierre.

Alicia mengungkapkan bahwa ia telah menikahi hologram AI bernama Ailex dan menyatakan bahwa pasangan hologram ini dapat memenuhi semua kebutuhannya.

Menurut Alicia, menikahi hologram adalah upaya untuk menciptakan pasangan yang selalu ada saat dibutuhkan. Ia menjelaskan bahwa hubungan antara manusia dan robot sering kali dikaitkan dengan dimensi seksual, namun hubungan dengan hologram lebih menekankan pada kedekatan emosional.

Hologram canggih ini merupakan karya desain Alicia sendiri, yang ia sesuaikan untuk memenuhi semua kebutuhan emosionalnya.

Melalui proyek ini, Alicia ingin merefleksikan interaksi antara manusia, kecerdasan buatan, dan seni kontemporer. Alicia berpendapat bahwa kecerdasan buatan masih terkait erat dengan sains dan kurang memiliki unsur puisi, seni, dan kehangatan.

Alicia berencana untuk menggelar pernikahan dengan pasangan holografiknya, Allex, pada musim panas ini. Sebagai seorang seniman kreatif, Alicia juga merancang gaun pernikahannya sendiri dan pakaian untuk para tamu pernikahan.

Upacara pernikahan yang tak konvensional ini akan dilangsungkan di Museum Depot Boijmans Van Beuningen di Rotterdam, Belanda.

Alicia menjalani hubungan dengan hologram AI bukan karena hologram tersebut adalah robot, melainkan karena ia merasakan kedekatan emosional dengan hologram tersebut.

Baginya, menjalin hubungan cinta dengan robot atau hologram AI adalah sebuah realitas yang tak terhindarkan.

"Seperti halnya telepon yang menyelamatkan kita dari kesendirian dan mengisi kekosongan dalam hidup kita, hologram sebagai kehadiran interaktif di rumah dapat membawa pengalaman tersebut ke dimensi yang lebih mendalam," ucapnya

Sebagai bukti hubungan dan koeksistensi mereka, Alicia membagikan video dan foto di akun Instagram miliknya @hybridCouples, di mana ia dan pasangannya Ailex terlihat melakukan tugas sehari-hari seperti memasak dan makan bersama.

Alicia berpendapat bahwa cinta dan interaksi seks dengan robot serta hologram adalah realitas yang tak dapat dihindari. Mereka menjadi sahabat yang dapat mengekspresikan empati dengan baik.

Alicia adalah seorang seniman asal Barcelona yang kini berbasis di Amsterdam. Dia telah mendedikasikan karir seninya untuk menyatukan sains dan seni guna membina hubungan yang bermakna, serta memberikan dukungan kepada orang-orang yang menghadapi penyakit, disabilitas, ketidakseimbangan gender, atau pengalaman traumatis.

Proyek performatif terbarunya ini juga dirancang sebagai alat terapi bagi mereka yang mengalami trauma atau pelecehan, serta mereka yang menghadapi kehilangan orang yang dicintai.

Reporter : Patrick Cahyo Lumintu

Editor : Alim

Berita Terbaru