Angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Sumedang. Foto /Tangkapan layar instagram @sumedang_banget

SURABAYA, iNFONews.ID - Angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, Rabu (21/02/2024) sore ini, menghantam kawasan Bandung Timur seperti Rancaekek, Cileunyi hingga Jatinagor, Sumedang.

Dalam video yang diunggah akun Sumedang @sumedang_banget, tampak angin puting beliung membubung tinggi, menyapu atap PT. Kahatex dan sekitarnya.

Video diambil seseorang dari kejauhan hingga menampakkan sejumlah pabrik, ada material - material berterbangan.

Detik-detik terjadinya angin puting beliung sempat terekam kamera warga. Dalam rekaman video itu nampak angin datang dari arah dekat dengan perbatasan Desa Cisempur dengan area belakang Pabrik Kahatex. Angin yang bergerak cepat dan membuat siapapun yang melihatnya ketakutan.

"21/02, 15.40 WIB. Aku di Jatinagor tadi lihat dari kejauhan, takut banget. Semoga selamat tidak ada korban, amin," tulis akun @yanti_hayaco.

Dihimpun dari beberapa sumber, puting beliung itu menumbangkan pohon, merusak sejumlah fasilitas umum dan kendaraan, bahkan ada bangunan minimarket yang bagian depannya ambruk. Selain angin puting beliung, kawasan tersebut juga diguyur hujan deras disertai petir.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar, Hadi Rahmat, membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun korban puting beliung belum bisa dipastikan.

"BPBD Jabar masih melakukan pengecekan untuk mengetahui total kerusakan dan ada atau tidaknya korban akibat peristiwa itu," ucapnya.

Reporter : Patrick Cahyo Lumintu

Editor : Alim

Berita Terbaru