Tinjau Stand UMKM Jember di Grand City

Bupati Hendy Siapkan Konsep Lambungkan UMKM Menuju Pasar Global

Bupati Hendy tinjau UMKM Jember yang ikut pameran di Grand City Surabaya (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Surabaya - Bupati Jember Hendy Siswanto menyemangati para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jember untuk menyambut kebangkitan usaha mereka, baik untuk tingkat nasional dan internasional.

Itu, disampaikan oleh Hendy saat meninjau dan melihat langsung stand-stand pameran pelaku UMKM asal Jember di 'Jatim Fair Hybrid' bertema 'Jatim Bangkit Menuju Pasar Global' Grand City Surabaya, Minggu (10/10/2021).

Di lokasi, Hendy sempat berkeliling, melihat-lihat berbagai produk yang dipamerkan. Serta, berbincang dengan para pelaku usaha asal Jember, yang membuka 8 stand.

"Menyambut momentum ini (menuju Pasar Global-Red), kami berpesan kepada para pelaku usaha (UMKM), untuk menyiapkan tiga konsep. Harus ada tiga konsep, pertama produksinya harus bagus dan terus ditingkatkan. Kedua, dana harus ditingkatkan. Untuk konsep pendanaan Pemkab (Jember) juga menyiapkan pendampingan perbankan. Ketiga, juga harus ada buyer. Di masa pandemi ini konsep itu bisa dituangkan melalui website, website ini menjadi rumah produksi semua produk UMKM asal Jember," urai Bupati Hendy yang hadir bersama istrinya.

Lanjut Hendy, Pemkab Jember memberikan banyak kemudahan termasuk pendampingan permodalan lewat perbankan.

"Kita ingin tunjukkan pada dunia, Jember memiliki banyak produk unggulan, dan itu akan terus kita tingkatkan. Kemasannya semakin bagus, didisplay melalui website yang bisa menampung berbagai produk asli Jember," terangnya.

Diuraikan, banyak produk unggulan dari Jember yang kualitas dan kelasnya mendunia. Ada Cerutu, Adamame, Cacao, Kopi Barista dan lainnya.

"Seperti Sigaret Cerutu, Barista Kopi, Coklat kelasnya sudah mendunia. Di dunia hanya ada dua untuk pengolahan Coklat, yakni di Perancis dan Jember," kata Hendy.

Ditambahkan, meski ada 8 stand dan paling banyak di antara daerah lainnya di Pameran Grand City Surabaya ini, dia menyebut di kesempatan berikutnya akan ditingkatkan.

"Next, (jumlah stand) untuk mengikuti pameran akan kita tingkatkan," pungkas Bupati Hendy. (inf/tji/red)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait