Restorasi Humanisme Pendidikan Kedokteran

Pesan Dr. Daeng M. Faqih untuk Jerinx

Dr. Daeng M. Faqih (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Surabaya - I Gede Ari Astina alias Jerinx, drummer Grup Band Superman is Dead (SID) dinyatakan bebas, dan bisa keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kerobokan, Badung, Bali, hari ini Selasa (8/6/2021).

Menanggapi bebasnya Jerinx dari Lapas, Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Timur Dr. Daeng M. Faqih berpesan, agar Jerinx bisa saling menghargai antar sesama. Daeng menyebut, Indonesia adalah negara yang menjunjung demokrasi.

Meski mengaku belum mendengar, dan baru mendapat informasi saat ada pertanyaan dari wartawan terkait bebasnya Jerinx dari lapas, Dr Daeng melontarkan saran agar Jerinx mengedepankan rasa saling menghormati.

Dikatakan, manusia tidak bisa bertindak sendiri, tetapi saling membutuhkan.

"Seluruh manusia itu saling membutuhkan satu sama lain. Jika dia (Jerinx) sakit, tentu tenaga kesehatan yang memberi pelayanan. Kita ini makhluk sosial yang saling membutuhkan. Para dokter, nakes kalau nggak kerjasama dengan masyarakat, siapa yang mau dilayani? Itu kuncinya, titipan saya ke Jerinx dan nakes kalimat itu," ucap Daeng, di sela acara Partai Nasional Demokrat (NasDem) Jawa Timur yang mengangkat tema 'Restorasi Humanisme Pendidikan Kedokteran' di Hall lantai III DPW NasDem Jatim di Surabaya, Selasa (8/6/2021).

Dr Daeng menambahkan, menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum reda, semua pihak harus bekerjasama. Tidak bisa tenaga kesehatan dibenturkan dengan masyarakat.

"Mari saling memahami, menghargai, agar tidak ada benturan seperti kasus yang pernah terjadi itu," pintanya. Ditambahkan, penyadaran kepada semau pihak harus terus ditumbuhkan, serta perlunya saling menghargai. (tji/red)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait