Gubernur Khofifah: Saya Sudah Rapid dan Swab Test

Gubernur Khofifah dan Wagub Jatim, Emil (Foto: tudji)

INFONews.id | Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dirinya telah melakukan pemeriksaan atau tes Covid-19 beberapa kali. Selain Rapid Test, tapi juga dilakukan Swab Test. Itu dikatakan oleh mantan Menteri Sosial tersebut usai acara Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia Satya Lancana Karya Satya XXX, XX, X Tahun bagi ASN di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (15/8/2020).

"Kalau seperti ini (Swab dan Rapid) saya sudah tidak bisa dihitung. Setelah selesai mengikuti kegiatan dengan berbagai komunitas, saya bersama rombongan langsung swab, tidak hanya rapid," ujar Khofifah. 

Tujuannya, menurutnya, karena kita harus terlindungi dan orang lain yang bersama kita juga harus terlindungi. Kenapa kita juga harus masker, juga karena kita harus terlindungi dan orang lain yang di dekat kita juga harus terlindungi.

"Inilah bagian dari tradisi baru. Pak Jusuf Kalla (JK), bahkan ketika datang kesini menyampaikan mungkin kita memakai masker dua hingga tahun yang akan datang," urainya.

Masih kata Khofifah, bahwa titik-titik sekarang menjadi "klaster" baru ketika dalam keluarga ada yang Orang Tanpa Gejala (OTG). Mereka tanpa gejala yang ternyata carier. Dan itu memungkinkan menular ke anggota keluarga lainnya.

"Tadi malam saya mendiskusikan beberapa daerah yang kasus barunya di atas 10, itu sudah rutin kita lakukan update tiap malam. Kenapa ini bisa muncul kasus terkonfirmasi sekian jumlahnya. Rupanya kasusnya sama Sekarang yang terjadi di provinsi lain, ada anggota keluarga yang kemudian tanpa gejala tapi mereka carier menularkan ke anggota keluarga yang lain. 

Terkait itu, Khofifah berpesan untuk mematuhi protokol kesehatan, dan memastikan bahwa semua orang yang masuk dan mengikuti kegiatan di Grahadi aman, termasuk ASN yang menerima penganugerahan.

"Saya ingin saudara yang hadir disini untuk menjaga diri dan seluruh keluarga. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan, sehingga dedikasi dan pengabdian akan terus terkawal dan terus kita tingkatkan," paparnya. (tji)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait