Direktur OCBC, Lili S. Budiana (kiri) bersama Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir (kanan) foto bersama di sela-sela acara peluncuran fitur baru “FINANSISTER” aplikasi Sisternet di Jakarta. INPhoto/XL Axiata

JAKARTA, iNFONews.ID - Menyambut International Womens Day 2024, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Program Sisternet mengenalkan fitur baru “FINANSISTER” di aplikasi Sisternet.

Berbarengan dengan itu, dengan menggandeng PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC), XL Axiata juga meluncurkan fasilitas pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha serta edukasi literasi digital finansial bagi Womenpreneur Indonesia.

Direktur OCBC, Lili S. Budiana, Komisaris Independen XL Axiata, Yasmin S. Wirjawan, dan Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir bersama-sama melakukan seremoni peluncuran program FINANSISTER di Jakarta pada Selasa (5/3).

Dengan inovasi fitur yang baru FINANSISTER, XL Axiata optimis Sisternet akan menjadi ekosistem digital perempuan Indonesia yang mampu mendorong para womenpreneur Indonesia dalam berkarya serta memaksimalkan potensi yang mereka miliki, serta mampu ‘naik kelas’.

Selain itu, Sisternet juga bisa mencapai target dalam mendukung 1 juta Perempuan Indonesia.

Yasmin S. Wirjawan mengatakan, perempuan memiliki peran ganda dalam keluarganya yakni perempuan sebagai istri yang mengembang tugas dan tanggung jawab di ruang domestik, dan perempuan pekerja menjadi tugas tambahannya di ruang publik demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Beberapa peranan yang terpenting termasuk pembimbing untuk anak-anaknya dalam hal keuangan serta membuat perencanaan keuangan keluarga maupun bisnis yang sedang dijalankannya.

"Melalui fitur baru FINANSISTER, Sisternet menghadirkan sebuah solusi digital untuk mendukung womenpreneur dalam mengatur keuangan, sekaligus edukasi  literasi  keuangan  yang diperlukan," terangnya.

Yasmin menambahkan, untuk peningkatan literasi digital keuangan yang meliputi pengetahuan dan informasi tentang perkembangan keuangan digital, serta  memudahkan  untuk mengakses produk dan layanan sektor jasa keuangan secara cepat dan mudah, XL Axiata berkolaborasi dan bersinergi dengan menggandeng OCBC.

"Sebagai mitra, OCBC memiliki visi yang sama dengan XL Axiata dalam upaya mendukung womenpreneur dengan menyediakan fasilitas pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha. Diharapkan perempuan di Indonesia bisa memakai produk dan jasanya dengan baik serta mengetahui resiko-resiko yang terkait," tambahnya.

Sementara Marwan O. Baasir menjelaskan, survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 menunjukkan fakta menarik terkait literasi keuangan masyarakat Indonesia. Dalam survei tersebut terungkap tingkat literasi keuangan perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki dengan selisih 50,33% dan 49,05%.

"Meski inklusi keuangan masih didominasi kelompok laki-laki sebesar 86,28%, kenaikan angka literasi keuangan perempuan menjadi sebuah pertanda bahwa pemahaman perempuan Indonesia tentang layanan keuangan semakin baik," ungkapnya.

Mengacu data tersebut, Marwan melanjutkan, XL Axiata berharap mampu berkontribusi dalam memberikan edukasi literasi digital bagi kalangan womenpreneur, yang didukung oleh layanan konvergensi dengan keamanan siber terbaik untuk privasi data dan keamanan jaringan internet.

Selain itu XL Axiata juga mendukung terus percepatan literasi digital melalui program Sisternet yang menyediakan beragam fitur edukasi untuk Perempuan Indonesia.

Direktur OCBC, Lili S. Budiana mengatakan, menuju Indonesia Emas 2045, OCBC percaya bahwa dukungan terhadap perempuan merupakan suatu langkah yang cerdas dan tepat untuk memajukan ekonomi bangsa.

"Untuk itu, kami senang dapat bekerja sama dengan XL Axiata karena kerja sama strategis CSR antara OCBC dan XL Axiata ini membuat kami dapat menjangkau para anggota Sisternet dengan tidak hanya memberikan literasi bisnis melalui kelas bisnis dan modul pembelajaran, namun juga inklusi keuangan melalui akses pembiayaan berupa KTA Nyala Bisnis by OCBC," jelasnya.

“Melalui FINANSISTER, kami berharap OCBC dan XL Axiata dapat terus bersama-sama menciptakan ekosistem yang kondusif untuk UMKM perempuan agar dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, serta dapat menciptakan dampak yang nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tambah Lili.

Kerja sama antara OCBC dan XL Axiata dimulai pada tahun 2021 melalui program literasi keuangan dalam bentuk booth camp dan sharing session. Kedua belah pihak bersepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam membawa kalangan womenpreneur semakin siap bersaing dalam menjalankan usahanya.

SME Proposition Division Head OCBC, Sari Kartika, mengatakan “Berdasarkan hasil dari OCBC Fitness Index 2023, 66% UMKM perempuan membutuhkan dukungan dari kolega bisnis mereka agar tumbuh berdaya.

Adapun bantuan yang diperlukan di antaranya edukasi manajemen bisnis, manajemen operasional, dan edukasi leadership bisnis.”

Manfaat fitur FINANSISTER

Fitur FINANSISTER memberikan beragam manfaat yang bisa dinikmati oleh para pelaku UMKM Perempuan Indonesia. Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, berikut urutan tahapannya:

1.     Unduh aplikasi Sisternet di Playstore atau Apple Store,

2.     Lalu, masuk ke fitur FINANSISTER, pilih nama OCBC,

3.     Ikuti E-Learning modul finansial literasi termasuk mengisi pretest dan posttest,

4.     Sister finansial akan rekomendasi proyeksi keuangan, kemudian akan ada link landing page yang akan secara otomatis terhubung ke bank yang dipilih,

5.     Pihak bank akan melanjutkan proses persetujuannya,

6.     Setelah itu anggota Sisternet dapat akses fasilitas pinjaman kredit tanpa agunan untuk modal usaha hingga Rp 200 juta dari OCBC.

Berikut manfaat yang akan didapatkan oleh anggota Sisternet:

· Diskon provisi sebesar 25% serta pulsa XL/AXIS hingga Rp 400 ribu untuk pengajuan pinjaman kredit tanpa agunan dengan memasukkan kode promo OCBCXSISTERNET pada laman pengajuan limit pinjaman

· Pengajuan secara online pinjaman untuk modal usaha dengan limit hingga Rp 200 juta.

· Tenor hingga 36 bulan.

· Bunga rendah mulai dari 0,99%.

· Layanan perbankan bebas biaya layanan tanpa saldo minimum.

· Gratis transaksi hingga 90 kali.

· Edukasi secara gratis mengenai digital financial literacy.

Selain fitur FINANSISTER, mengawali tahun 2024 ini, aplikasi Sisternet juga memiliki beberapa fitur tambahan yang baru dalam mendukung kapasitas perempuan Indonesia, yaitu:

· Toko Sister, fitur yang menyediakan wadah bagi pelaku UMKM Perempuan Indonesia yang ingin memperluas brand awareness dari produk dan channel penjualan yang dimiliki untuk dapat meningkatkan produktivitas yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan usaha.

· Vakansis, fitur ini menyediakan informasi, peluang dan kesempatan untuk berkarir di dunia profesional yang dapat diikuti oleh member Sisternet. Fitur ini terhubung langsung dengan sistem rekrutmen karyawan XL Axiata dan juga job aggregator di Indonesia.

Sebelumnya, Sisternet sudah menyediakan sejumlah fitur, yaitu:

· Sister Menulis. Sarana blogging yang berisi cerita inspiratif hasil karya perempuan Indonesia.

· Kode Referral. Kode member get member untuk mengajak sahabat atau orang-orang terdekat menjadi bagian dari Sisternet.

· Point Sister. Pengumpulan poin untuk mendapatkan beragam reward dari Sisternet. Kompetisi. Beragam kompetisi seru berhadiah jutaan rupiah.

· Tier & Mission serta Daily Check in. Program loyallitas dengan berbagai manfaat seru.

· Agenda Berbagi. Rangkaian kelas online maupun offline.

Dikenalkan kali pertama pada bulan April 2015, website dan aplikasi Sisternet sudah diakses lebih dari 500.000 perempuan, dengan member yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sejak tahun 2020, Sisternet memiliki aplikasi digital yang bisa diakses secara lebih mudah melalui ponsel. Seiring dengan terus semakin bertambahkan fitur-fitur dalam aplikasi Sisternet, semakin bertambah terus member yang mengakses Sisternet.

 

Editor : Alim

Berita Terbaru