Kenalkan Demokrasi dan Pemilu

Pelajar SMP Kartika Nasional Plus Diajak Jadi Pemilih Cerdas

Siswa-siswi SMP Kartika Nasional Plus belajar demokrasi dan pemilu (Foto: IN/ist)

INFOnews.id | Surabaya - KPU Provinsi Jawa Timur kembali melaksakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) dan menerima Kunjungan Rumah Pintar Pemilu (RPP) dari 47 Siswa-siswi Kelas 9, SMP Kartika Nasional Plus, Surabaya.

Acara berlangsung dengan tiga rangkaian kegiatan. Yakni kunjungan RPP, Office Tour, dan pemaparan materi di Aula Lantai 2 KPU Jatim, Selasa (20/9/2022).

Sekretaris KPU Jatim, Nanik Karsini menyambut kedatangan SMP Kartika Nasional Plus. Ia juga memperkenalkan anggota KPU Jatim, situasi kantor menjelang persiapan Pemilu 2024, serta mengajak para siswa-siswi berpartisipasi dalam kegiatan Pemilu mendatang.

“Forum ini bermanfaat bagi adik-adik, jadi tidak hanya belajar melalui buku saja. Di sini, adik-adik juga akan diperkenalkan menjadi pemilih cerdas,” tutur Nanik dalam sambutannya.

Salah satu Guru SMP Kartika Nasional Plus, Didik, menyatakan tujuan kedatangan siswa-siswi yakni ingin memperkenalkan bentuk demokrasi melalui KPU.

“Kami siapkan mereka secara psikologis, walau pun belum usia 17 tahun, namun suatu saat mereka akan menikmati pesta demokrasi atau pemilu," jelas Didik.

Mereka juga mendapatkan pemaparan materi Demokrasi dan Pemilu oleh Anggota KPU Jatim Divisi Sosdiklih dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Gogot Cahyo Baskoro.

Pihaknya meminta semangat siswa-siswi untuk mewujudkan impian menjadi salah satu bagian dari pejabat atau penyelenggara Pemilu.

“Saya senang bisa belajar banyak hal tentang demokrasi dan Pemilu di KPU Jatim. Saya harap pemilu mendatang dapat berjalan dengan lancar," ungkap salah satu siswi SMP Kartika Nasional Plus, Celine Patricia.

Kunjungan SMP Kartika Plus diawali dengan ke RPP yang dipandu Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Parmas, Prahasthiwi Kurnia Sitorosmi.

Dalam pemaparan materinya, Thiwi meminta siswa-siswi untuk menjadi agen sosialisasi Pemilu 2024. Dilanjut Office Tour yang dipandu oleh Staf KPU Jatim, Anny Farihatun Nisa yang memperkenalkan surat suara dan proses pemilu di Tahun 2019. Beberapa permainan menambah kesan menyenangkan dan antusiasme pelajar yang meramaikan suasana mulai pukul 10.00 WIB-Selesai. (inf/rls/red)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait