Gubernur Khofifah Puji Semangat Pembibitan

Gala Dinner Peserta dan Official Bulutangkis Piala Gubernur Jawa Timur

Gala Dinner Peserta dan Official Bulutangkis Piala Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Surabaya - Untuk pertama kali digelar Kejuaraan Bulutangkis Piala Gubernur Jawa Timur, Tahun 2022. Menandai itu, secara khusus Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengundang peserta dan official mengikuti Gala Dinner di Gedung Negara Grahadi, di Surabaya, Jumat (27/5/2022), malam.

Turnamen Bulutangkis Piala Gubernur Jawa Timur itu disambut baik atlet pebulutangkis di Jatim. Terbukti, gelaran tersebut diikuti banyak peserta, jumlahnya yang mencapai 143 atlet, putra dan putri.

"Jumlah pesertanya sudah  tembus 1046 orang berasal dari 143 klub dari berbagai daerah di Jawa Timur," kata Ketua KONI Jatim, M Nabil.

Nabil selain memberikan apresiasi juga mengaku senang digelarnya Kejuaraan Bulutangkis Piala Gubernur Jatim, yang digelar Pengprov PBSI Jatim.

"Kejuaraan ini juga bagian dari seleksi awal mencari bibit-bibit atlet bulutangkis handal dari Jatim untuk Indonesia. Pesertanya luar biasa, hingga lebih dari 1000 orang berasal dari 100 lebih klub yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Jatim.  Ini bukti olahraga bulutangkis itu kekuatannya merata di seluruh Jatim,” urai Nabil, sambil berharap bisa digelar setiap tahun.

Dikatakan, Jawa Timur tak lepas dari sejarah bulutangkis, banyak atlet nasional yang mengawali mengukir prestasi dari Jawa Timur.

"Historisnya, bulutangkis itu  Jawa Timur. Kalau prestasi bulutangkis Jawa Timur jelek itu a-historis. sebab Jawa Timur punya andil besar terhadap munculnya tokoh-tokoh besar bulutangkis di Indonesia," ujarnya.

Dia menyebut, keinginan pragmatis KONI itu bagaimana bisa mendapatkan medali sebanyak-banyaknya tetapi bukan dengan cara pragmatis. Melainkan harus dengan idealis. Salah satu caranya menggelar event seperti ini.

"Semakin sering digelar tentu akan semakin terakomodir dan mengerucut prestasinya,” kata dia.

Sebelumnya, saat menyampaikan sambutan, Ketua Pengprov PBSI Jatim Toni Wahyudi menyampaikan Piala Gubernur Jawa Timur untuk menggairahkan kembali serta ajang mencari bibit-bibit unggul untuk atlet bulutangkis di Jatim.

“Kejuaraan Piala Gubernur Jawa Timur ini untuk kembali menggairahkan dan mencari bibit-bibit unggul atlit bulutangkis Jawa Timur karena hampir selama dua tahun terakhir vakum karena ada pandemi Covid-19,” kata Toni Wahyudi.

Jadwal, pelaksanaan Kejuaraan Bulutangkis Piala Gubernur Jawa Timur ini di mulai 28 Mei hingga 4 Juni 2022 di GOR Sudirman Surabaya.

Para pemenang dari enam nomor (kategori) yang dilombakan, masing-masing akan diambil sebanyak 5 orang untuk dipersiapkan mewakili Jawa Timur di Piala Presiden Agustus mendatang.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah mengatakan bahwa kejuaraan bulutangkis Piala Gubernur yang kali pertama digelar ini menjadi bagian penting untuk membangkitkan semangat di kepengurusan PBSI Jatim yang baru.

Ini juga berseiring dengan semangat yang luar biasa dari Kadispora Jatim dan Karo Kesra Pemprov Jatim untuk mensupport dan mensukseskan penyelenggaraan kejuaraan bulutangkis Piala Gubernur Jatim.

“Mudah-mudahan semuanya diberikan kesehatan, kekuatan, kemudahan, kelancaran dan kesuksesan. Amin. Kita berharap semua bisa mencapai tujuan yang diharapkan, yakni tidak sekedar sebuah kompetisi tapi ini adalah proses dimana pencarian bibit atlet bulutangkis yang sejatinya bisa disiapkan sebaik-baiknya,” ujar Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah pun mengapresiasi langkah cepat Pengprov PBSI Jawa Timur. Mulai mengawali proses rekuitmen dari seleksi awal untuk persiapan kontigen Jatim guna menghadapi kejuaraan Piala Presiden maupun kejuaraan bulu tangkis yang lain.

“Terima kasih inisiasinya Pengprov PBSI Jatim juga para sponsorship terima kasih supportnya, lalu support dari klub dan para atlet. Semuanya saya rasa bergerak sangat cepat untuk bisa membibit dan melahirkan atlet-atlet bulutangkis yang handal dari Jawa Timur,” puji Gubernur Perempuan pertama di Jatim itu.

Di akhir acara ditandai penyerahan Piala Turnamen Bulutangkis Piala Gubernur Jawa Timur, yakni replika wajah Gubernur Jawa Timur, Khofifah kepada Ketua KONI Jatim dan Ketua Pengprov PBSI Jatim, didampingi Kadispora Jatim, Pulung Chausar. (inf/tji/red)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait