Anak Anda Susah Makan, Jangan Kawatir! Ini Tips dari Sherly Lembono

Sherlylembono bersama buah hatinya. Foto/instagram @sherlylembono

INFONews.id I Surabaya - Menjadi orangtua memang tidak mudah. Apalagi jika baru memiliki momongan. Salah satu masalah yang kerap dihadapi mama muda yakni si buah hati susah makan. Tentunya hal itu membuat kawatir, karena anak usia dini memang membutuhkan banyak nutrisi untuk pertumbuhannya.

Lantas bagaimana cara mengatasi agar si balita semangat untuk makan? Sherly Lembono, Selebgram sekaligus influencer yang kerap membagikan momen bersama buah hatinya di sosial media mengakui, saat ini banya orang tua yang mengalami masalah anak susah makan. Kata dia, cara mengatasipun tidak selalu efektif diterapkan.

"Padahal sebagai orang tua, tentu sudah menjadi tugas kita untuk memastikan bahwa anak-anak kita terpenuhi nutrisinya. Selain itu, kita juga harus memastikan jadwal makan anak anda. Namun, terkadang anak anda sering susah untuk disuruh makan," katanya.

Pemilik instagram @sherlylembono dan @jasonmilesgamafu ini menuturkan, ada empat cara yang bisa dicoba untuk mengatasi anak yang susah makan. Langkah pertama adalah ajak dengan lembut. "Cara mengatasi anak usia 2 tahun susah makan nasi yang pertama adalah dengan mengajaknya dengan kelembutan. Memaksa anak anda untuk makan akan membuat anak menjadi tidak nyaman.

"Anak anda akan melihat aktivitas makan menjadi sebuah hal yang terpaksa untuk dilakukan. Padahal, makan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi," tuturnya. Mengajak makan anak dengan lembut merupakan salah satu cara yang paling efektif. Sedangkan mengajak anak makan dengan cara keras merupakan hal yang tidak efektif.

Kemudian langkah kedua yakni membuat makanan kreasi. Mama muda yang kerap berbagi Air Susu Ibu ASI miliknya ke Panti Asuhan ini menjelaskan, dengan menciptakan makanan yang unik, anak akan tertarik untuk makan makanannya. Hal itu dibuktikan sudah banyak orang tua yang mempunyai pengalaman anak usia 2 tahun susah makan dengan menciptakan makanan yang kreatif dan unik.

Namun, lanjut sherly, orangtua harus memastikan ketika membuat makanan juga mengajak si anak untuk membuatnya bersama. Karena membuat makanan bersama dengan anak tidak hanya akan membantu anak memiliki nafsu makan yang tinggi. Anak juga akan terlatih untuk mendi kreatif dan cerdas.

"Anda bisa membuat nasi goreng dengan sayuran yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai bentuk seperti bintang, hewan atau lainnya," terangnya.

Disisi lain, jika anak memiliki kesulitan untuk makan karena nafsu makannya rendah, maka orangtua bisa mempertimbangkan untuk memberinya vitamin untuk anak susah makan. Pemberian vitamin dapat membantu anak memiliki nafsu makan, sehingga anak dapat dengan mudah makan tanpa menyuruhnya.

"Banyak apotek yang menjual vitamin untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak. Namun, pastikan bahwa anda melakukan konsultasi ke dokter anak kepercayaan anda sebelum anda memberikan vitamin makanan ke anak anda. Pasalnya, tidak boleh sembarangan memberikan vitamin ke anak-anak," tegasnya.

Selebgram asal Kota Surabaya yang kini kerap membuat filter Instagram dan blog website ini mengungkapkan, cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang susah makan adalah dengan mengajaknya makan sambil bermain. Kata dia, cara mengatasi anak susah makan nasi usia 1 tahun dengan bermain merupakan salah satu cara yang efektif.

"Namun pastikan anak anda tidak tersendak saat mengunyah makanan. Karena makan dan mengunyah di saat makan merupakan hal yang berbahaya untuk dilakukan. Pada saat anda mengajak anak anda makan sambil bermain, pastikan anak anda mengunyah makanannya dengan sempurna dan menelannya. Setelah anda memastikan bahwa anak anda sudah mengunyah nya dengan benar dan sempurna, ajalah anak anda untuk kembali bermain. Ulang cara tersebut hingga makanan habis," terangnya.

Sherly Lembono menegaskan, bahwa sebagai orang tua, memperhatikan kesehatan anak merupakan kewajiban dan tanggung jawab yang harus dilakukan. Apalagi di era ponsel pintar, tentu anak akan lebih banyak memilih bermain dengan gadget dan lupa untuk makan.

"Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus cari cara agar anak anda mau makan. Mengetahui cara mengatasi anak susah makan usia 2 Tahun merupakan langkah yang tepat," tandasnya.

 

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Berita Terkait