PT Otsuka Indonesia sumbang oksigen (Foto: IN/tudji)

INFOnews.id | Surabaya - Pemprov Jatim menerima bantuan sebanyak 470 tabung oksigen dan 100 regulator, sumbangan dari PT Amerta Indah Otsuka, PT. Otsuka Indonesia dan PT Widatra Bhakti itu diterima langsung Gubernur Jatim, yang prosesinya dilakukan di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (12/9/2021).

Selain mengucapkan terimakasih, Gubernur Khofifah menegaskan meski sudah masuk level satu, semua pihak diminta tetap mewaspadai bahaya Covid-19, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Juga menyebut, di masa pandemi dan terjadinya lonjakan kasus penyebaran Covid-19 dan belajar dari pengalaman terjadinya krisis oksigen. Kebutuhan oksigen yang ketersediaannya menjadi konsen serius Pemprov Jatim untuk memenuhinya, guna penanganan Covid-19.

"Selain oksigen, kebutuhan silinder ini ternyata tidak mudah karena masih impor, dan kita saat itu dihadapkan pada lonjakan Covid. Sehingga kebutuhan oksigen menjadi sangat tinggi. Juga keliling ke pabrik-pabrik yang memproduksinya," kata Gubernur Khofifah.

Bantuan oksigen dan perangkatnya itu diserahkan Roy Sparringa yang juga Presiden Komisaris PT Amerta Indah Otsuka dan PT Otsuka Indonesia ke Pemprov Jatim. Ikut mendampingi Gubernur Khofifah, ada Kepala Gugus Tugas Kuratif yakni dr Joni, Kepala BPBD Jatim, Budi dan lainnya.

Khofifah menambahkan, meski Jawa Timur mulai stabil, namun pemerintah tetap menyiapkan tabung oksigen sebagai salah satu antisipasi jika terjadi lonjakan pasien.

"Ini adalah bagian dari kegotong-royongan kita semua sebagai bentuk mitigasi," tambahnya.

Lanjut Khofifah, bantuan tabung oksigen tersebut segera disalurkan ke beberapa rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan.

Perusahaan penyumbang menyebut, donasi yang diserahkan sebagai bentuk dukungan kepada Pemprov Jatim, yang mana perusahaan oksigen tersebut berada di wilayah Jatim, yakni dibawah naungan Otsuka.

Menejemen Otsuka juga berharap masyarakat ikut berpartisipasi dengan terus menjalankan protokol kesehatan dan menjaga imun.

"Perusahaan kami terus mendukung upaya pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat dengan produk-produk makanan dan minuman untuk kesehatan. Hal ini selaras dengan filosofi kami yaitu Otsuka People Creating New Products for Better Health Worldwide," ujar Roy Sparringa. (rls/tji/red)

Editor : Redaksi

Berita Terbaru