INFOnews.id | Jombang - Haul Emas 50 Tahun KH Abdul Wahab Chasbullah, yang di gelar di Masjid Pesantren Tambak Beras, Jombang diikuti banyak tokoh, baik yang datang di lokasi atau mengikuti secara virtual, Selasa, (22/6/2021) malam.

Pembawa acara menyebut, selain yang hadir, acara itu juga diikuti 5 ribuan pengguna akun youtube, dari dalam negeri dan juga dari luar negeri, mengikuti dengan khusuk Khotmil Qur’an oleh 50 majelis. Serta diberikan santunan kepada 50 anak yatim dan dhuafa di Jombang.

“Karena masih dalam situasi pandemi, acara ini digelar secara virtual melalui chanel YouTube dari Masjid Pesantren Tambak Beras Jombang,” ucap Bupati Jombang, Mundjidah Wahab yang juga putri KH Abdul Wahab Chasbullah.

Kemudian, Presiden RI Joko Widodo, secara khusus telah menyiapkan dan kemudian ditayangkan rekaman ucapan selamat di 'Haul Emas' itu. Presiden Jokowi memberikan sejumlah kalimat hormat dan pujian kepada Inisiator, Penggerak dan Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdul Wahab Chasbullah.

Presiden Jokowi menyebut, KH Abdul Wahab Chasbullah adalah pahlawan nasional. Sebagai inspirator dan penggerak Nahdlatul Ulama (NU).

"Beliau KH Abdul Wahab Chasbullah adalah Pahlawan Nasional. Memiliki wawasan yang luas, berpandangan jauh kedepan, dan berpandangan modern. Beliau punya cita-cita besar dan mulia. Sebagai ulama pejuang, beliau mengajarkan dan mencontohkan cinta tanah air (ubul wathan minal iman)," urai Presiden Jokowi, yang kemudian serempak mendapat tepuk tangan undangan yang hadir.

Lanjut Presiden Jokowi, KH Abdul Wahab Chasbullah adalah kiai yang menggelorakan semangat kebangsaan dan selalu berjuang untuk tegaknya NKRI.

"Teladan akhlak beliau akan terus abadi, dan menjadi inspirasi bagi kita. Terutama dalam menghadapi kondisi bangsa seperti saat ini," ucap Jokowi.

Terangkai dalam acara itu, Bupati Jombang, Mundjidah Wahab juga meresmikan Asosiasi YouTuber Santri Indonesia (AYSI). Dikesempatan itu, Mundjidah Wahab memberikan penghormatan atas peran serta sejumlah nama yang dinilai ikut peduli dalam menghadapi perkembangan teknologi di era globalisasi.

"Adanya Asosiasi YouTuber Santri Indonesia (AYSI) ini, merupakan wadah bagi santri dan juga masyarakat Nahdliyyin untuk menyatukan gagasan dan ide-ide dakwah kontemporer,” ucap Mundjidah Wahab.

Ditandai dengan memberikan penghargaan kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, KH Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah) ulama muda yang banyak diikuti di akun youtube tersebut. Serta kepada KH Marzuki Mustamar, dan HM Arum Sabil.

Gubernur Khofifah usai mengikuti rangkaian Haul Emas itu, kemudian berziarah ke makam KH Abdul Wahab Chasbullah. Bupati Mundjidah tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Khofifah yang usai acara sempat singgah di rumah induk keluarga KH Wahab. Ucapan serupa juga diberikan kepada Presiden Jokowi.

“Terutama bagi Bapak Presiden RI Joko Widodo yang telah sempat menyampaikan pidato di Haul ini. Serta, memberikan perhatian khusus, semoga acara ini menjadi pemicu semangat bagi santri dan kita bersama,” ujar Bu Mun, panggilan Mundjidah Wahab. (tji/red)

Editor : Redaksi

Berita Terbaru