Aplikasi New PLN Mobile (Foto:IN/ist)

INFOnews.id |Surabaya - Tantangan era digital yang penuh inovasi terus dilakukan PLN. Untuk menjawab hal itu, kini perusahan listrik milik plat merah itu telah resmi meluncurkan aplikasi New PLN Mobile, Jumat (18/12/2020).

New PLN Mobile merupakan aplikasi yang menjawab semua kebutuhan pelanggan dengan kemasan canggih dan futuristik dalam satu genggaman. Menghadirkan fitur dan tampilan baru, New PLN Mobile hadir sebagai platform digital unggulan untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan, memberikan kemudahan serta pengalaman layanan listrik yang berbeda.

“Ini merupakan bagian dari transformasi yang kami lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Tak hanya sekadar aplikasi, melalui New PLN Mobile ini, kami ingin memberikan pengalaman baru serta kemudahan kepada pelanggan,” jelas Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

Menurut Darmawan, New PLN Mobile dilengkapi dengan 4 fitur yakni mulai dari pembelian token, pembayaran tagihan, ubah daya, catat meter, pengaduan gangguan & keluhan, serta 5 sub fitur yang terdiri dari monitor pemakaian paskabayar, monitor pembelian token, notifikasi tagihan, informasi progres penyelesaian gangguan, notifikasi padam dan pemeliharaan.  

Dijelaskan, PLN Mobile juga hadir dalam kemudahan transaksi untuk pembayaran tagihan dan pembelian token listrik yang bekerja sama dengan beberapa Bank dan Fintech. Tak hanya itu, penggunan pun dapat menerima update informasi kelistrikan terkini secara gratis.

“PLN Mobile diharapkan mampu menjadi alat komunikasi PLN dengan pelanggannya. Saat mengajukan pengaduan, pelanggan akan mendapatkan informasi progres penyelesaian gangguan," tandasnya.

Selain itu, aplikasi ini, lanjut ia, juga telah di-customized hanya pada pelanggan yang terdampak saja informasi diberikan. "Kami gunakan teknologi geospatial, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui, dan informasi apa yang paling mereka butuhkan dapat dikelola secara akurat” imbuh Darmawan.

Diakui Darmawan, sejak dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore, pengguna New PLN Mobile di wilayah Surabaya mencapai 23.207, untuk wilayah Malang dengan 13.074 pengguna, Sidoarjo 9.169 pengguna, dan Gresik sebanyak 3635 pengguna. Sementara, General Manager, PLN UID Jawa Timur, Nyoman S Astawa menyatakan melalui New PLN Mobile pelanggan akan merasakan pelayanan yang lebih cepat dan mudah.

Pelanggan dengan mudah membaca meter, ubah daya, info pemeliharaan semuanya bisa diakses secara riil time. "Semoga dengan kemudahan ini mampu meningkatkan kepuasan pelanggan dan tentunya sejalan dengan peningkatan kualitas layanan kami di Jawa Timur yang semakin optimal," katanya.

Lebih lanjut, ia berharap dengan terobosan baru yang dihadirkan melalui layanan New PLN Mobile, bisa memberi pengalaman baru kepada pelanggan yang memudahkan urusan kelistrikan menjadi semakin praktis dan efisien. Ketua HIPMI BPC Surabaya, Lutfi menceritakan pengalamannya menggunakan PLN Mobile.

"Kami dan seluruh anggota HIPMI telah menggunakan New PLN Mobile. Sangat membantu mencari informasi update PLN seperti cek tagihan,tarif listrik terbaru, permohonan lainnya dan tentang PLN semuanya cukup menggunakan hp itu sudah lengkap semuanya. Kami menghimbau kepada semuanya untuk segera mengunduh PLN Mobile karena sangat membantu, menghemat waktu, menghemat biaya karena cukup dengan satu genggaman saja," pungkasnya.(ton)

Editor : Redaksi

Berita Terbaru