Musyawarah Kota (Muskot) Perkumpulan Sambo Seluruh Indonesia (Persambi) Kota Surabaya (Foto:IN/ist)

INFOnews.id | Surabaya - Musyawarah Kota (Muskot) Perkumpulan Sambo Seluruh Indonesia (Persambi) Kota Surabaya, yang digelar Kamis (26/11/2020) di Gedung DHD 45 Mayjen Sungkono Surabaya menghasilkan ketua umum yang baru yakni Fajar Budianto secara aklamasi. Fajar Budianto terpilih sebagai Ketua Umum Persambi Kota Surabaya periode tahun 2020-2025.

Seluruh peserta Muskot bulat mendukung Sekretaris Umum DHD 45 yang juga seorang Notaris PPAT. Musyawarah Kota Persambi, saat itu dihadiri Club Sambo yang ada di Surabaya. Juga Sekretaris Pengurus Provinsi (Pengprov) Persambi Jawa Timur, Sabdo Sahono. Perwakilan dari KONI Surabaya, yang diwakili oleh Sugiyo.

Sekretaris Persambi Pengprov Jawa Timur, Sabdo Sahono, menjelaskan, pelaksanaan Musyawarah Kota Persambi Surabaya kali ini merupakan langkah awal pembentukan Cabor Sambo di Surabaya.

“Saat ini Persambi sudah masuk dalam keanggotaan KONI Pusat. Pada PON XX tahun 2020, cabor Sambo akan tampil sebagai cabang eksebisi,” kata Sabdo.

“Alhamdulillah hari untuk seluruh tahapan Musyawarah Kota Persambi telah selesai dilaksanakan, saya berharap agar Cabor Sambo dapat berkembang di Surabaya," tambah Sabdo.

Masih kata Sabdo, terpilihnya Fajar Budianto sebagai Ketua Umum Persambi Kota Surabaya sesuai dengan AD/ART organisasi.

Muskot juga memberikan amanat kepada tiga anggota formatur bersama ketua umum terpilih untuk melengkapi susunan pengurus. Waktu yang diberikan menyusun kepengurusan adalah 14 hari.

Mengenal Beladiri Sambo

Sambo merupakan olahraga atau seni bela diri yang berasal dari Rusia, populer pada tahun 1940-an. Sambo adalah singkatan dari Samozashchita Bez Oruzhia, yang artinya pertahanan diri tanpa senjata.

Saat ini, Sambo digunakan untuk seni bela diri militer tentara Rusia. Sambo menggabungkan gulat dan judo dengan menekankan pada kemampuan kontrol dan kuncian kaki. 

Sambo mengajarkan cara praktis untuk mengakhiri perkelahian dengan cepat. Hal ini sering dilakukan dengan menjatuhkan lawan ke tanah dan menerapkan kuncian atau serangan cepat.

Sambo masuk ke Indonesia sejak tahun 2007. Tokoh pendiri Sambo di Indonesia adalah Aji Kusmantri dari Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI).

Sementara itu, Ketua Umum Persambi Kota Surabaya terpilih Fajar Budianto mengucapkan terimakasih kepada Pengcab Persambi Kota Surabaya yang mengajaknya bergabung di kepengurusan Persambi lima tahun kedepan. 

Dirinya menyatakan siap untuk bisa membawa kemajuan Sambo di Surabaya.

“Saya siap dengan jabatan dan tanggung jawab ini. Harapan saya setelah terpilih melakukan pemantapan konsolidasi organisasi, Membentuk tambahan pendirian club Sambo yang baru, Mensosialisasikan keberadaan Cabor Sambo pada masyarakat, juga pembinaan prestasi,” katanya.

Ia menyebut, secara motivasi terlibat di Persambi dan menjadi ketua umum Persambi merupakan tantangan tersendiri bagi dirinya. “Saya akan berupaya memberikan yang terbaik secara organisasi,” pungkas Fajar Budianto.(*)

Editor : Redaksi

Berita Terbaru